Assalamualaikum Wr. Wb. SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA SEMOGA KITA MENJADI INSAN YANG BERTAQWA. AMIIN.
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 13 November 2011

Idhul Adha di YP2SDU Al Hikmah dan Sekolah Islam Terpadu Permata Bunda Demak


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Ikhlas untuk para pemerhati Permata yang insyaAllah akan semakin ikhlas dalam beribadah kepada Allah. Amien

Alhamdulillah pada kesempatan ini, Blog Permata dapat memosting kegiatan bersama Idhul Adha YP2SDU Al Hikmah dan Sekolah Islam Terpadu Permata Bunda yang dilaksanakan pada hari Senin, 7 November 2011.
Mari kita ingan sejenak sejarah korban 
langsung saja...
Ibadah korban memiliki sejarah yang begitu panjang. Allah SWT telah memerintahkan ibadah korban kepada umat manusia, sejak zaman Nabi Adam AS. Perintah korban mulai diperintahkan kepada dua putera Nabi Adam AS, yakni Habil yang bekerja sebagai petani dan Qabil seorang peternak. Keduanya diminta untuk berkorban dengan harta terbaik yang mereka miliki.
Peristiwa korban dua anak manusia itu dikisahkan dalam Al-Quran surat al-Maaidah ayat 27. Allah SWT berfirman, ''Dan ceritakanlah (Muhammad) kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa.''
Seiring peredaran zaman, perintah berkorban juga diterima Nabi Ibrahim AS. Setelah melalui penantian yang begitu lama, Ibrahim akhirnya dikarunia seorang putera bernama Ismail, dari isterinya bernama Siti Hajar. Ia pun begitu gembira dan bahagia. Kebahagiaannya memiliki seorang putera, kemudian diuji oleh Allah SWT.
Ketika berusia 100 tahun, datanglah sebuah perintah Allah SWT kepadanya melalui sebuah mimpi. ''...Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahawa aku menyembelihmu, maka fikirkanlah apa pendapatmu..?'' (QS: as-Saffat:102). Dengan penuh keikhlasan, Ismail pun menjawab, ''...Wahai Ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.'' (QS:as-Saffat:102).
Kemudian, Nabi Ibrahim AS membawa Ismail ke suatu tempat yang sepi di Mina. Ismail pun mengajukan tiga syarat kepada sang ayah sebelum menyembelihnya. Pertama, sebelum menyembelih hendaknya Nabi Ibrahim AS menajamkan pisaunya. Kedua, ketika disembelih, muka Ismail harus ditutup agar tak timbul rasa ragu dalam hatinya. Ketiga, jika penyembelihan telah selesai, pakaiannya yang berlumur darah dibawa kepada ibunya, sebagai saksi korban telah dilaksanakan.
''Maka tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Lalu Kami panggil dia, 'Wahai Ibrahim!' sungguh engkau telah membenarkan mimpi itu...'' (QS: as-Saffat ayat 103-104). Ketika pisau telah diarahkan ke arah leher Ismail, lalu Allah SWT menggantikannya dengan seekor kibas yang besar.
''Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.'' Atas pengorbanan Ibrahim AS itu, Allah SWT berfirman, ''Dan Kami abadikan untuk Ibrahim (pujian) di kalangan orang-orang yang datang kemudian. Selamat sejahtera bagi Ibrahim. Sesungguhnya dia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman.'' (QS: as-Saffat:108-109).

Semoga dengan mengingat sejarah korban tersebut pemerhati Permata semakin menambah keiklasan dalam beribadah kepada Allah.

Begitu juga dalam kegiatan Bersama Idhul Adha ini juga menekankan tentang pentingnya keiklasan. Dan ini dituunjukan dengan terkumpulnya hewan korban yang didapat dari iuran siswa SIT Permata Bunda dan donatur sehingga dari keikhlasan tersebut alhamdulillah panitia bersama Idhul Adha dapat menyembelih hewan korban dengan rincian berikut: dua ekor sapi dan tujuh ekor kambing (dua ekor kambing disembelih di hari Minggu, 6 November 2011 guna dimasak untuk makan siswa saat penyembelihan dan 5 ekor disembelih untuk korban yang dibagikan ke masyarakat). Maka dari itu panitia ucapkan terima kasih kepada siswa-siswi SIT Permata Bunda dan donatur semoga pengorbanan dan keiklasan diterima dan diganjar oleh Allah SWT. Amien

Dalam penyembelihan hewan korban ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kampung Doro untuk penyembelihan sapi dan di TKIT Permata Bunda Demak untuk penyembelihan kambing. dilakukan di dua tempat karena tempat yang biasa untuk menyembelih di SDIT Permata Bunda Demak lahanya sudah dibetonisasi sehingga hanya dijadikan tempat untuk memotong atau mencacah daging orban. Meskipun di dua tempat yang berbeda tetapi kebersamaan dan keikhlasan tetap terjaga.

Dalam proses penyembelihan dan pemotongan daging korban panitia bersama Idhul Adha dibantu oleh komite SIT Permata Bunda.Dan panitia ucapkan banyak terim kasih semoga amal ibadah diterima dan diganjar oleh Allah SWT. Amien

Berikut momen kegiatnnya yang sengaja dibuat acak
He....

Luar BIASA ....
Memang kalau saling bantu pekerjaan terasda mudah.

Bu... jangan sampai keliru motongnya lo....

Wah bentar lagi selesai nih....

Seonggok daging sapi yang penuh keikhlasan

Pak jangan menoleh nanti kulitnya sobek loh.....
Proses pengeletan (melepas kulit dari badan kambing) sudah dimulai dengan memotong kepala kambing.


Pegang yang kuat pak.... Biar tidal lari...

Bismillah....

Bismillahirrahmanirrahim.....

Jangan minta dong....

Alhamdulillah nikmatnya pak....

Subhanallah ....
Pasti uueeenak tenan nih.

Sebelum makan action dulu ah.....

Sabar ya nak, nanti kebagian semua kok!!!

Bu. daging dan nasinya kok belum datang-datang to....
(Senyuman siap itu yach....)

Bu, kapan makannya....

Alhamdulillah ....

Peace ... makan pak???
Bu, saya minta daging kambing yang buaaannnyak yach....
Ibu guru yang baik, minta dagingnya dong....
O...............

Bu, saya nambah lagi .... masih laper.

Makannya kapan nih teman-teman....
Sabar yach....

Ibu guru yang HEBAT yang menyiapkan makanan untuk para jagoannya. Eh maksudnya anak didiknya.

Ini nanti nasinya untuk kelas 1 Abu Bakar dulu ya....

Oh begitu to cara menyembelih hewan korbannya.... Alhamdulillah tambah pengetahuan nih, gak rugi aku datang.

Iklashkan diri untuk melangkah menuju cahay prestasi.

Iklashkan diri untuk melangkah menujukebersamaan meraih prestasi.

Rombongan mukhlisin yang siap berprestasi

Hati-hati ya nak, menyebrangnya???

Langkahnya-langkahnya....
Semangat dan pandang ke depan untuk raih PRESTASI

Sholeh, hati-hati yach....

Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiip

Nak, hari ini kita akan belajar bagaimana cara menyembelih hewan korban. Oke???

Bismillahirrahmanirrahim
Allahuakbar

Semoga dapat bermanfaat. Amien
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Ruang Curhat Permata

Jadwal Sholat